CARA MENGHILANGKAN BEKAS LUKA PADA KULIT

CARA MENGHILANGKAN BEKAS LUKA PADA KULIT

Bekas luka yang ada bada kulit tentunya sangat menyebalkan dan sangat mengganggu penampilan. Apalagi bekas luka yang terdapat pada area – area yang terlihat, pasti akan mebuat anda menjadi tidak percaya diri. Anda menjadi tidak bisa memakai baju yang anda sukai jika bekas luka anda terlihat jika menggunakan baju itu. Bekas luka terjadi karena merupakan bagian alami dari proses penyembuhan luka yang sebelumnya. Jika luka tersebut tidak ditangani dengan baik, maka akan meninggalkan bekas yang membandel dan sulit hilang. Penyebab utamanya bisa jadi karena kecelakaan, penyakit kulit, jerawat, bekas operasi dll. Banyak faktor utama yang membuat luka menjadi berbekas, misalnya karena sering disentuh, atau penggunaan obat yang salah. Berdasarkan jenisnya, jenis bekas luka terdapat 4 jenis. Yaitu:

  • Keloid: Biasanya menyebar dan memiliki ukuran yang lebih besar daripada luka itu sendiri. Biasanya bekas luka jenis keloid ini menonjol dan berwarna kehitaman.
  • Hipertrofik: Luka jenis ini biasanya lebih kecil dan tidak menyebar. Luka ini juga menonjol dan berwarna gelap.
  • Atrofi: Biasanya jenis bekas luka ini berlubang dan berair. Hal ini disebabkan karena kerusakan lapisan kolagen pada permukaan kulit.
  • Kontraktur: Bekas luka jenis ini membuat kulit terasa kencang dan lebih tertarik serta membuat lapisan kulit menjadi tipis. Jenis bekas luka ini biasanya terjadi karena luka bakar.

Tentunya untuk menghilagkan bekas luka adalah hal yang sulit dan membutuhkan waktu yang lama. Apalagi jika bekas luka tersebut sudah lama dan membandel maka akan semakin sulit. Namun tentunya tidak ada salahnya untuk mencoba. Asalkan dilakukan dengan rutin dan sabar pasti akan terlihat perubahan yang signifikan. Kali ini kami akan memberikan anda cara – cara menghilangkan bekas luka. Mari kita simak penjelasannya di bawah ini:

  • Melakukan Eksfoliasi Secara Rutin

Eksfoliasi merupakan suatu proses untuk mengelupas permukaan kulit dan menghilangkan sel – sel kulit mati pada lapisan terluar. Eksfoliasi juga berguna untuk memudarkan garis halus dan menghilangkan area gelap pada kulit. Banyak cara yang bisa anda lakukan untuk eksfoliasi, seperti menggunakan scrub dan krim exfoliant. Anda bisa menggunakan scrub yang mengandung exfoliant 3 kali dalam seminggu. Rekomendasi merk scrub exfoliant yang bagus adalah Frank anda Body Original Coffe Scrub. Untuk krim eksfoliasinya bisa anda pakai setiap hari sebelum tidur. 

  • Menggunakan Jeruk Nipis

Untuk cara alami menghilangkan bekas luka adalah dengan cara menggunakan Jeruk Nipis. Jeruk nipis mengandung Apha Hidroxy Acids (AHA) yang mampu menghilangkan sel kulit mati, memudarkan bekas luka tanpa mengurangi elastisitas kulit. Namun tentunya dengan menggunakan jeruk nipis ini akan membuat kulit anda terasa perih saat terkena matahari. Dan karena ini adalah cara yang alami anda harus ekstra sabar dan rutin menggunakannya. Caranya, Belah jeruk nipis menjadi 2 bagian. Oleskan pada kulit,  gerakan memutar. Diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air hangat

  • Laser Dermabrasi

Bagi anda yang memiliki bekas luka yang sangat membandel dan susah hilang. Anda bisa menggunakan cara medis untuk menghilangkan bekas luka tersebut. Salah satu perawatan medis untuk bekas luka adalah Dermabrasi. Dermabrasi dirancang dengan alat dan formula khusus yang berfungsi untuk mengikis permukaan bekas luka serta merangsang pertumbuhan kulit. Dengan dermabrasi ini anda akan mendapatkan permukaan kulit yang lebih rata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *