BEBERAPA FAKTOR YANG MENYEBABKAN KULIT MENJADI KERING

Mengapa Kulit Menjadi Dehidrasi? Kenali Tanda & Penyebabnya | BIODERMA

Memiliki kulit yang sehat, bersih dan juga lembab memanglah dambaan kebanyakan orang terutama wanita. Sebab memiliki kulit yang sangat bersih dan cerah juga bisa mempengaruhi kepercayaan diri seseorang. Ada beberapa orang mungkin yang memiliki jenis kulit yang berbeda dan ada juga yang sama. untuk mendapatkan kulit yang bersih dan juga selalu lembab memang tidak bisa dilakukan secara instan. Akan tetapi ada banyak diluaran sana yang rela mengeluarkan uang banyak demi mendapatkan kulit yang di idam-idamkan. Tapi sebenarnya merawat kulit dengan bahan alami juga bisa membuat kamu terhindar dari faktor-faktor yang menyebabkan kulit kamu kering. 

Tahukan kamu, kulit yang kering ini bisa dialami siapa saja termasuk kamu. Akan tetapi tidak kekeringan kulit pada seseorang ini berbeda-beda tingkatannya tergantung tempat, kesehatan dan juga usia yang menyebabkan rentan mengalami kulit kering. Sebelum melakukan treatment untuk kulit, kamu harus tahu gejala-gejala kulit yang kering. Untuk orang yang mengalami kulit kering bisa dialami sepanjang hidup mereka, akan tetapi kebanyakan kondisi ini hanya berlangsung sementara waktu saja. Hal ini tergantung pada kondisi-kondisi tertentu. Biasanya orang yang mengalami kulit kering akan memiliki permukaan kulit yang terasa kasar. Selain itu yang mengalami kulit kering ini akan merasakan kulitnya kencang ataupun kaku pada saat mandi. Untuk kamu yang ingin mengetahui apa saja faktor yang menyebabkan kulit mu kering. 

  • Iritasi

Biasanya kulit yang iritasi ini sangat beragam bisa dari sabun atau parfum yang tidak cocok digunakan. Iritasi yang terjadi pada kulit ini juga bisa disebabkan gesekan dari kain atau bahan dari pakaian. Selain itu juga iritasi kulit juga bisa disebabkan oleh deterjen dan juga pelembut kain. 

  • Menggosokan kulit

Mungkin sebagian dari kamu melakukan hal ini untuk membersihkan kulit. Tahukah kamu menggosokkan kulit juga dapat menyebabkan kulit kering. Terlebih lagi jika kamu melakukannya dengan sering dan juga menggunakan alat gosok seperti spons. Menggosok kulit ini dapat berpotensi merusak lapisan kelembaban yang ada dipermukaan kulit.

  • Pertambahan usia

Faktor yang sangat mempengaruhi keringnya kulit adalah bertambahnya usia dan ini menyebabkan semakin keringnya kulit seseorang. Sebab semakin menua maka semakin berkurangnya hormon yang diproduksi oleh tubuh. Penurunan hormon ini sangat berhubungan dengan kulit.

  • Memakai sabun yang tidak cocok

Untuk sabun yang biasanya digunakan tentunya harus cocok dengan kulit. Jika memakai sabun yang salah maka akan sangat membahayakan sebab akan membuat pelembab alami yang ada di kulit bisa terkikis. Hal ini akan menyebabkan kulit menjadi kering. Sebaiknya kamu gunakan sabun formulasi kuat atau antiseptik yang dapat meningkatkan resiko terjadinya kulit kering.

  • Menggosok badan menggunakan handuk

Jika kamu sudah selesai mandi jangan kamu sekali-kali mencoba untuk menggosokan badan kamu menggunakan handuk. Hal ini dapat menghilangkan kelembaban dan juga bisa menyebabkan kulit menjadi kering.

  • Perubahan dengan cuaca

Selain itu faktor perubahan cuaca juga sangat mempengaruhi terhadap kelembapan kulit. Untuk udara yang rendah kelembapan akan berkurang dan akan menyebabkan kulit kering. Dan jika cuaca semakin rendah atau di musim dingin biasanya kulit akan maki terasa kering.

Untuk kamu yang yang tidak ingin memiliki kulit yang kering sebaiknya jangan lakukan hal-hal diatas yang dapat merusak lapisan kelembaban dari kulit. Rutin merawat kulit memang sangat penting bagi kesehatan kulit.